Kopi Hitam


Kopi hitam dibuat dari biji kopi. Tanpa campuran apapun, hanya digerus atau digiling. Bisa pakai mesin atau tangan. Jika tidak suka rasa pahit, bisa dicampur dengan gula atau susu sebagai pemanis. Tapi kalau ingin benar-benar pahit, bisa langsung diseduh tanpa campuran apapun. Warnanya akan pekat, biji kopi yang halus akan ikut berputar mengambang searah dengan gerak adukan sendok. Jika tidak diaduk, maka ia mengendap.

Seni meminum kopi adalah mencium aromanya terlebih dahulu. Dihirup perlahan kepulan asapnya melalui sensori penciuman, masuk ke sistem limbik di otak kemudian menimbulkan emosi rasa senang. Setelah itu tergoda untuk meminumnya dari ujung cangkir perlahan. Bisa dituangkan di atas piring kecil yang biasanya dipakai sebagai alas cangkir, digoyang perlahan agar tidak terlalu panas kemudian diminum. Rasa panas menyengat bibir namun terobati ketika merasakan rasa pahit sang kopi.

Kopi hitam cocok dihidangkan bersama makanan kampung yang ringan, seperti pisang goreng. Rasa manis pisang goreng bisa menetralkan rasa pahit, walaupun sedikit. Kopi hitam bisa dihidangkan pagi hari di daerah pegunungan yang sangat dingin dan asri atau dihidangkan di warung-warung kopi pinggir jalan ketika malam agar terjaga. Ketika orang lain hiruk pikuk dengan kerumitannya, kita bersama kopi dan masuk ke dunianya. Kopi hitam menjadi jaring hubungan antar manusia, membuat pembicaraan lebih santai dan halus. Tergelak bersama tawa, menghirup sesaat kemudian tergelak lagi.
Sekarang bukan saja orang tua yang suka kopi, tetapi anak muda juga. Tapi sayang sekali, mereka tidak suka kopi hitam. Mereka lebih suka kopi manis yang sudah melebut dengan bahan luar atau dalam negeri dengan harga tinggi. Bukan sebagai jaring rasa nikmat, tetapi menjadi gengsi.

[Aneh.. orang yang ngga suka minum kopi malah nulis kopi. Aneh..]

Comments

Raffaell said…
Sama, bapakku pemikmat kopi, ibuku apalagi, kopi bubuk ditelen...

me ? noooooooo!
Avante_Ray said…
Wah, gw jadi pengen minum kopi gara2 baca blog ini... apalagi ditemani pisang goreng di pagi hari... Hmmm nikmat

btw anak muda juga suka loh kopi hitem
*yg muda yg tersinggung*
za said…
hmmmm.....skarang ini, za juga jadi pecandu kopi.....

secangkir kopi di tengah serangan dinginnya AC, cukup manjur untuk mengusir dingin....

btw, thx for your comment...^_^
Anonymous said…
@avante: huehue.. tersinggung. Maav kalo begitu :D

_nia_lg_mls_login
Maya said…
tulisannya keren2
laM kEnaL yah.....
lagi belajar nulis nih, kL gak keberatan nengok blog saya yah pohonmaya.blogspot.com, trus kasih comment

Thank U
sany said…
lama ga ktemu.hay. Sany
minanube said…
berarti lag pengen gimana enaknya minum kopi sewaktu pagi :D
mynameisnia said…
ya begitu mungkin

Popular posts from this blog

Prenatal Yoga atau Senam Hamil?

Hi, Mucocele

Pasang IUD di Puskesmas