14 January 2014

Pembaca yang budiman, akan saya berikan tips-tips cara menuju Kebon Jeruk, Jakarta, dari Bandung. Kenapa Kebon Jeruk? Karena di daerah ini terdapat dua stasiun televisi serta kantor redaksi majalah dan koran. Jadi, Kebon Jeruk lumayan terkenal di dunia media. Juga tempat pemberhentian bus antar kota.

Tips-tipsnya adalah:
1. Kalau kamu tidak punya orang yang bisa mengantarkan ke Terminal Leuwipanjang di pagi buta, teleponlah taksi. Taksi yang saya sarankan adalah Gemah Ripah. Taksi tersebut bisa dipesan dari malamnya, bilang kalau kamu mau berangkat pukul 4. Jika Tuhan merestui, taksi akan hadir 10 menit lebih awal dari jam yang ditetapkan. Lebih baik cepat daripada terlambat, 'kan?
2. Saat mendekati terminal, biasanya supir bertanya mau diturunkan di mana. Jawab, "Minta diturunkan di tempat pemberangkatan bus." Nanti kamu akan diturunkan di sebuah pagar berpintu yang kecil dan terlihat bus-bus yang sudah siap.
3. Pilih bus jurusan Bandung-Kalideres atau Bandung-Tangerang. Bus ini ongkosnya Rp60.000. Kalau ambil yang Bandung-Merak, akan dikasih harga Rp70.000.
4. Alasan saya pergi pukul 4 (walaupun bisa masuk ke kantor agak siang) adalah itu merupakan waktu pemberangkatan pertama dan cepat penuhnya. Kalau penuh, maka ia akan cepat berangkat dan saya akan menghadapi Jakarta yang tidak terlalu macet.
5. Pilih tempat duduk di baris kiri sebelah supir. Kenapa? Karena matahari terbit di arah kanan bus, sehingga akan silau pagi dan menganggu proses kamu tidur. Selain itu, pilih agak depan agar kamu bisa siap-siap saat turun di Kebon Jeruk karena bus tidak akan berhenti lama.
6. Bus akan berhenti sebentar di Slipi, Rumah Sakit Harapan Kita, Tomang, dan Kebon Jeruk. Ketika supir sebut nama tempatnya, kamu harus cepat berdiri dari kursi dan pergi ke arah supir. Ingat! Mereka hanya berhenti sebentar. Kalau kamu kelamaan, nanti bus tidak akan menurunkan, karena ini adalah bus patas, bukan ekonomi.
7. Hati-hati saat di Kebon Jeruk karena kamu akan diturunkan di dekat pintu tol. Lihat kiri, takutnya ada mobil berkecepatan tinggi!

Bus menjadi alat transportasi kegemaran saya belakangan ini. Mengapa?

1. Travel tidak efisien. Pertama, ongkos travel mahal. Kedua, travel lebih banyak kemungkinan tidak dapat/penuh. Ketiga, tempatnya sama-sama jauh dari rumah. Keempat, kadang tidak tepat waktu.
2. Jarak naik dan turunnya bus dari kostan saya lumayan dekat.
3. Jarak tempuhnya sama saja dengan travel, yaitu 2.5 hingga 3 jam.
4. Tempat duduk cukup nyaman.

Sekian tips-tips naik bus dari Bandung ke Kebon Jeruk. Semoga bermanfaat!

9 comments

info yg menarik, salam

REPLY

Terima kasih
tips yang sangat membantu.... :)

REPLY

Sama-sama :)

REPLY
avatar
Anonymous

kalau pulangnya gimana mba?

REPLY

Dari situ ke metro tv kebun jeruk gimana mba? Makasih

REPLY

Dari pintu tol kebun jeruk, naik angkot 03 di depan 7-Eleven sampai jembatan kecil deket rumah sakit Siloam. Udah gitu naik jembatan dan keluar di Jakarta Eye Center. Dari situ naik angkot 14 dan turun depan MetroTV :)

REPLY

bis paling pagi jam berapa? kl kira2s di kebon jeruk jam 8.30 kira2 keburu ga?

REPLY

klo dari kebon jeruk kebinus naek apa tuh

REPLY

Naik gojek :)

REPLY

Kabut, Teh Melati, Susu Cokelat, dan Bimasakti. 2017 Copyright. All rights reserved.

Dilarang menyalin dan menggunakan konten website ini tanpa seizin penulis.

Designed by Blogger