Kolam Renang Untuk Bayi di Bandung

by - January 31, 2019

Kemarin-kemarin ini saya sibuk mencari kolam renang untuk bayi di Bandung. Saya bercita-cita Elora harus bisa berenang. Menurut saya, berenang adalah survival skill yang harus dipelajari. Apalagi kita tinggal di negara yang sebagian besar terdiri dari lautan ini. Hehe.

Elora mulai kenal dengan berenang saat usia 3 bulan, yaitu dia baby spa di Rumah Sakit Borromeus. Kalau menurut saya, baby spa ini enggak perlu-perlu amat. Saya cuman pengen tahu reaksinya masuk ke air, karena dia sudah sering dipijat di rumah.


Elora hanya baby spa satu kali saja, karena harganya mahal, yaitu sekitar Rp150.000. Hehe. Setelah itu, saya berniat menceburkan dia ke kolam renang dewasa untuk mengajarkannya berenang. Nah, banyak nih pertimbangan saya saat mencari kolam renang untuk bayi:

1. Airnya harus yang hangat, karena takut ia kaget atau masuk angin.
2. Airnya minim kaporit.
3. Tempatnya tidak terlalu terbuka agar tidak banyak angin.
4. Kamar mandinya nyaman untuk memandikan bayi.

Ada beberapa kolam air hangat di Bandung yang saya pikirkan yaitu Bikasoga di Buah Batu, Kolam Renang Cipaku di daerah Setiabudi, kolam renang Batununggal, dan Bumi Siliwangi di Ciumbuleuit. Sayangnya semua itu jauh dari tempat saya. Maka, saya memilih kolam renang dekat rumah yaitu kolam renang Grha Tirta Siliwangi di Jalan Lombok.

Di Grha Tirta Siliwangi ada dua kolam renang yaitu kolam renang anak-anak yang ada perosotan besar dan pancuran, serta kolam renang dewasa dengan air hangat. Di sini juga ada pasir pantai sehingga anak bisa main. Tetapi, karena letak pasir itu dekat dengan kolam renang anak, jadinya di dalam kolam banyak pasir.

She wasn't happy xD

Elora dimasukkan ke dalam kolam anak yang tingginya hanya sampai paha dia. Tapi dia malah nangis dan takut, mungkin karena dingin dan overwhelming. Dia juga jadi enggak mau jalan di atas pasir pantai.

Bisa lihat ada perosotan besar di belakang yaa.

Oh ya, kami datang di hari Senin. Kirain bakalan sepi, taunya rame banget sama anak sekolah. Kami juga jadi enggak kebagian meja dan kursi. Jadinya, si suami menitipkan barang-barang kami di loker dekat tempat mandi.

Berenang pertama kali untuk bayi

Saat suami menaruh barang di loker, saya mengajak Elora duduk di pinggir kolam renang dewasa. Saya cemplungin kakinya supaya dia enggak kaget. Awalnya dia merengek enggak mau, tapi lama-lama mulai kerasa nyaman. Begitu udah nyaman, saya masukkin dia ke dalam kolam.

Jujur aja, saya kira dia bakal senang di kolam karena dia senang main air di rumah, tapi ternyata dia enggak mau lepas dari pelukan orang tuanya. Ya udah, kami main-main saja sambil memeluk dia. Saya juga basahi kepalanya dulu agar mengingatkan dia sama mandi.

Saat Elora terlihat sudah nyaman, saya tenggelamkan bersama saya. Dia hanya merengek karena matanya basah dengan air, tapi beberapa lama kemudian, dia biasa lagi. Main-main, senang, lalu saya cemplungkan lagi. Begitu terus.

Habis dicemplungkan.

Kok berani nyemplungin anak? Kalau yang saya baca, anak otomatis bisa menahan nafas di dalam air. Jangankan Elora yang usianya udah menginjak 1 tahun, anak-anak di bawah itu udah bisa dicemplungin kok!

Setelah setengah jam berenang, kami naik. Di situ Elora nangis, mungkin karena kedinginan. Mau mandi dan ganti baju aja dia enggak mau turun dari gendongan. Tapi begitu baju udah dipakai satu persatu, baru deh dia mau turun. Jadi, positif kedinginan. Hehe.

Rencananya sih saya mau ajak dia renang lagi secara rutin, tapi mau coba di kolam renang yang lain seperti Bikasoga. Soalnya harga tiket masuk kolam renang Grha Tirta Siliwangi Rp75.000 setiap harinya, cukup mahal buat saya. Dan anak usia 1 tahun sudah dihitung pulak. *tepok jidat

Oh ya, apakah kolam renang Grha Tirtia Siliwangi sedikit tingkat kaporitnya? Sejujurnya saya enggak tahu kalau dilihat dari perhitungan yang benernya. Tapi saya alergi kaporit yaitu suka bersin-bersin parah dan tanpa henti setiap habis renang. Nah, kalau setelah berenang di Siliwangi, saya enggak bersin-bersin. :)

Temen-temen ada yang punya rekomendasi kolam renang untuk bayi di Bandung lainnya? Apakah ada kolam renang hotel yang bisa untuk umum? Bagikan yaa, nanti tulisan ini akan di-update terus. :)

You May Also Like

0 comments

Komentar di blog ini akan dimoderasi agar penulis dapat notifikasi komentar terbaru.