Pasar Cihapit, Destinasi Wajib Kuliner di Bandung

by - March 21, 2019

Kuliner di Bandung terkenal sangat enak dan murah. Nggak hanya di restoran, banyak makanan kaki lima dan jajanan pasar yang sudah melegenda karena kenikmatannya.

Pasar Cihapit merupakan pasar modern di Bandung. Di sini juga banyak makanan yang sudah ada sejak tahun 1970an. Pasar Cihapit di pagi hari jadi tujuan belanja dan sarapan para warga Bandung. Yuk, ketahui apa saja makanan yang wajib dicoba di sini!

1. Kupat Tahu Galunggung 1970

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

Wah, menurut saya, ini adalah kupat tahu paling enak se-Bandung raya. Kuah kacangnya kental, gurih, porsinya banyak, dan harganya murah meriah yaitu Rp12.000 saja. Saya pernah coba kupat tahu Bandung yang terkenal lainnya yaitu Kupat Tahu Gempol, tapi menurut saya kupat tahu ini lebih enak!

Kupat Tahu Galunggung 1970 berada di warung tenda. Letaknya di dekat lampu merah Jalan Cihapit. Sebaiknya datang ke sini di pagi hari, karena biasanya kupat tahu sudah habis saat siang.

2. Lotek Tjihapit

Terletak di dalam gang Istiqomah. Dok. Pribadi.

Dok. Pribadi

Selain lotek, di sini juga warung nasi yang enak. Dok. Pribadi.

Lotek adalah makanan khas Bandung. Di daerah lain mungkin namanya gado-gado atau pecel. Nah, kalau mau coba lotek enak di Bandung, kamu wajib coba Lotek Tjihapit yang letaknya di dalam Gang Istiqomah. Perlu diperhatikan, ada restoran lotek yang letaknya di pinggir jalan Cihapit. Saya nggak rekomendasikan yang itu karena nggak enak.

Lotek di sini enak, gurihnya pas. Porsinya banyak, sayurnya segar, dan bisa diatur tingkat kepedasannya. Tempat lotek ini buka dari hari Senin hingga Sabtu, pukul 09.00. Hal yang membuat lotek istimewa adalah dibuat oleh pemiliknya langsung, jadi rasanya selalu konsisten. Harganya Rp17.000 tanpa lontong.

Kalau mau makan nasi juga tersedia. Ada nasi merah, lalapan, perkedel jagung, ikan, jengkol, atau ayam bakar yang enaak banget. Sambelnya? Juara! Wajib wajib banget makan di sini.

3. Surabi Cihapit


Dok. Pribadi

Dok. https://instagram.com/bdgsociety/

Kuliner di Bandung yang patut dicoba adalah surabi oncom. Menurut saya, ini surabi yang paling enak dari surabi-surabi oncom lain yang pernah saya coba. Tingkat keasaman dan kepedasan oncomnya juga pas. Adonan surabinya juga enak.

Selain surabi oncom, ada surabi seperti surabi cokelat, surabi keju, saos mayo, dan lainnya. Pilihannya banyak banget dan ukurannya besar, jadinya kenyang. Tetapi yang paling sering saya beli adalah surabi oncom yang ukurannya kecil.

4. Warung Mamah Eha


Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

Terakhir, warung nasi yang sudah melegenda di Pasar Cihapit adalah Warung Nasi Bu Eha. Kalau tempat makanan lain berada di area luar pasar, kalau warung nasi ini berada di dalam pasar. Karena terkenal, warung nasi ini lumayan penuh di pagi hari.

Saya beli ayam kampung goreng, lalapan, dan perkedel jagung. Rasanya enak, sambelnya pedes banget. Kata orang-orang, gepuknya juara. Sayangnya waktu itu saya kehabisan gepuknya.

Itulah kuliner di Bandung ala pasar yang enak, legendaris, dan murah. Ada lagi yang punya rekomendasi tempat makan enak di Bandung? Share di kolom komentar yaa!

You May Also Like

1 comments

  1. duuuh aku lgs kangen bandung :D. kalo ksana biasanya makan sop buntut dahapati.

    itu yg kupat tahu lbh enak dr gempol mba??? waah hrs aku coba berarti. yg gempol aja udh enak banget :D. makanan tradisional gini nih yg lbh aku suka ;)

    ReplyDelete

Komentar di blog ini akan dimoderasi agar penulis dapat notifikasi komentar terbaru.