Scrub Berbahaya Bagi Laut, Lho. Ganti Pakai Kopi Deh!

by - April 11, 2019

Beberapa orang suka lulur atau pakai pembersih muka yang ada microbead-nya. Biasanya butiran super kecil ini dipakai untuk scrubbing atau mengangkat kulit mati. Saya baru tahu kemarin ternyata scrub ini berbahaya bagi laut. :(

bahaya scrub
Sumber foto: Inhabitat.com


Memangnya bahaya gimana sih?
Microbead di produk perawatan kulit itu terbuat dari mikroplastik. Saat terbuang melalui saluran air kamar mandi, ke sungai, lalu ke laut, maka spesies yang ada di laut bisa nggak sengaja menelan mikroplastik itu. Mikroplastik yang ada di tubuh mereka bisa kita makan, dan pindah deh plastik itu ke tubuh manusia.

Gimana kalau pakai produknya dikit-dikit? Ternyata penelitian dari Plymouth University bilang sekali mencuci wajah terdapat 94.500 bulir mikroplastik yang lepas ke lautan. Kebayangnya nggak kalau dipakai setiap hari oleh milyaran orang?

Cari produk alternatifnya yuk!
Idealnya sih kita nggak pakai produk yang mengandung microbead ya. Kamu bisa lihat daftar produknya di Beat The Microbead ini atau lihat ada kandungan Polyethylene (PE) atau nggak. FYI, microbead nggak hanya di produk wajah aja, tapi juga ada di pasta gigi.

Kalau mau berbuat banyak, sebaiknya balik ke produk alami seperti ampas kopi untuk scrubbing. Nahan alami lainnya yang bisa angkat kulit mati adalah gula, madu, cuka apel. Nah, enak banget kalau bisa pakai bahan natural karena aman, ramah kantong, dan nggak bersalah karena ramah lingkungan pula.

bahaya scrub
Ampas kopi sisa semalam bekas saya. Hehe.

Saya hampir setiap hari minum kopi. Saya jarang luluran atau scrubbing. Lagian katanya scrubbing enggak boleh sering-sering 'kan? Nah, jadinya kalau mau angkat kulit mati, pakai ampas kopi aja. Murah meriah. xD

Oh ya, menurut beberapa artikel, sebaiknya campur ampas kopi itu dengan minyak kelapa (VCO). Selain minyak kelapa banyak manfaatnya, cairan minyak bisa bikin ampas nggak keset-keset amat di kulit. Hehe. Kalau saya sih dicampur minyak zaitun, karena yang ada di rumah hanya itu.

Kamu punya rutinitas merawat kulit pakai bahan alami yang ramah lingkungan? Share dong resep dan hasilnya. Siapa tahu cocok juga buat saya. :)

You May Also Like

6 comments

  1. padahal dulu suka banget luluran soalnya bikin badan nambah wangi. Eh rupanya nggak boleh ya. Buat ampas kopi malah saya pakai maskeran bikin kulit terasa bersih dan kenyal....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ampas kopinya sekalian buat badan aja, mom.. hehee..

      Delete
  2. aku udh ngurangin pake scrub krn tau ga bagus utk alam. masih ada 1 stok di rumah sih, tp udh jarangggg banget aku pake. kyknya memang mau ganti pake ampas kopi aja deh. kbtulan di rumah juga rutin minum kopi. lagian buatku aroma kopi itu segeeer. ga bikin mual juga. justru tiap cium aroma kopi aku lgs semangat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuu, untung kopi wanginya enak yaa.. kadang kalo floral2 gitu terlalu manis dan bikin eneg

      Delete

Komentar di blog ini akan dimoderasi agar penulis dapat notifikasi komentar terbaru.