Review Ecowash & Ecostick, Tidak Perlu Beli Deterjen Selama 3 Tahun

by - June 13, 2019

Bahas produk ramah lingkungan lagi yuk! Beberapa bulan lalu, saya pernah membahas menstrual cup yang bisa dipakai selama 10 tahun, sekarang kita bahas deterjen yang bisa dipakai selama 3 tahun yaitu Ecowash. Selain itu, saya mau bahas tentang Ecostick juga.

Deterjen ramah lingkungan
Dok. Pribadi

Kenali tentang Ecowash dan Ecostick
Ecowash bentuknya mirip yaitu cangkang bundar berisi butiran mineral. Bentuknya yang mirip bola membuat Ecowash ini disebut eco-ball atau washing ball.

Butiran-butiran keramik mineral di dalamnya itu alami hasil bumi, sifatnya seperti deterjen yaitu bisa mengubah pH air sehingga dapat membersihkan noda dan mencuci pakaian. Minyak dan kotoran jadi mudah terangkat.

Nah, karena ini tidak berbusa, jadinya kita hanya perlu bilas sekali atau bahkan tidak dibilas sama sekali. Keren ya! Hemat listrik, air, hemat biaya, dan enggak bikin sungai berbusa.

Sedangkan Ecostik itu penghilang spot noda. Bentuknya seperti balsam yang berbentuk stik. Biasanya Ecostick ini dijual satu paket dengan Ecowash.

Pengalaman pakai Ecowash dan Ecostick
Keputusan saya pakai ini sebenarnya karena butuh deterjen buat clodi. Jadi saya cuci sekitar 8 lembar kain popok dan 4 clodi. Saya cuci manual dengan direndam biasa saja dan didiamkan selama 30 menit. Hasilnya memang jauh minim pesing daripada deterjen Ultraco.

Lalu bagaimana dengan Ecostick? Nah, saya pakai Ecostick waktu celana jeans saya ketumpahan kuah soto. Setelah dioles dalam keadaan kering lalu direndam Ecowash, hasilnya hilang nodanya, tetapi enggak keseluruhan. Jadi tampaknya harus dioles lagi.

Selain itu, saya juga coba oleskan ke baju yang kena minyak. Biasanya noda minyak susah hilang kan? Nah, ini nodanya hilang aja gitu.

Terakhir, saya coba oleskan ke baju putih yang kekuningan karena kelamaan ditaruh di lemari. Hasilnya? Nodanya hilang.

Kesimpulannya saya suka nih dengan Ecowash dan Ecostick. Saya sarankan untuk kamu yang lagi cari deterjen ramah lingkungan.

Video pengalaman saya pakai pertama kali bisa dilihat di channel YouTube saya. Link-nya di sini:


You May Also Like

10 comments

  1. Baca artikel ini sy jadi keingetan lg pgn coba ecoball juga..tfs mba nia😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, mba.. dicoba aja.. ditunggu yaa reviewnya :)

      Delete
  2. ehhh kok jd kepikiran mau pake jugaaaa :D. lumayan bangetttt hematnya kalo bisa sampe 3 thn :D. sbnrnya dulu prnh baca ttg eco ball ini. tp krn dijelasinnya ga terlalu jelas, jd ga terlalu tertarik utk pakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa pake ajaa.. hemat lho, sama ecosticknya lumayan banget kalo buat aku. noda pulpen aja hilang lhoo

      Delete
  3. Mbak, clean ecowash itu merek yg sama ya dengan ecowash yang memproduksi clodi ecobum? Atau beda lagi? Aku tuh banyak vaca review, mereknya ecowash doang gapake clean

    ReplyDelete
  4. Mbak clean ecowash ini brand sama ya dengan ecowash yang satu perusahaan dengan ecobum clodi itu? Atau beda lagi? Saya banyak liat review tuh brannya ecowash doang gapake clean

    ReplyDelete
  5. Mbaa.. Ecowash nya beli dimana ya?

    ReplyDelete

Komentar di blog ini akan dimoderasi agar penulis dapat notifikasi komentar terbaru.