Siapa Bilang Pengajuan KTA BNI Fleksi Susah? Inilah Penjelasannya

by - October 25, 2019

pengajuan KTA BNI Fleksi


Banyak orang yang menyangka pengajuan KTA BNI Fleksi sulit dan memiliki persyaratan yang rumit, padahal kenyataannya tidaklah demikian. Untuk mengajukan kredit tanpa agunan di BNI sangatlah mudah dan tidak memerlukan persyaratan yang membuat Anda pusing tujuh keliling. Bahkan bisa diajukan via online, tanpa perlu datang langsung ke kantor cabang BNI terdekat.

Bukan hanya itu saja, jumlah limit KTA BNI bisa mencapai 500 juta dengan jangka waktu pembayaran hingga 15 tahun. Dengan mendapatkan KTA BNI, Anda bisa dengan mudah menutupi biaya kebutuhan yang perlu segera diselesaikan. Jadi, tak perlu menjual aset atau harta benda yang dimiliki. Cukup ajukan kredit dan masalah Anda terselesaikan.

Namun, sebelum pengajuan KTA BNI Fleksi, Anda perlu mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud kredit tanpa agunan ini dan apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkannya. Karena untuk mendapatkan KTA, Anda perlu melakukan pengajuan sesuai prosedur yang berlaku di lembaga keuangan tempat Anda mengajukan pinjaman tersebut.

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Pengajuan KTA?

Sebelum membicarakan mengenai apa saja persiapan yang harus dilakukan untuk pengajuan KTA, tahukah Anda apa KTA itu? KTA merupakan singkatan dari Kredit Tanpa Agunan, yaitu pinjaman dana tunai yang diberikan sebuah lembaga keuangan, dalam hal ini bank, untuk pegawai/karyawan aktif yang mempunyai penghasilan tetap setiap bulannya.

Jadi, untuk Anda yang tidak memiliki penghasilan atau gaji tetap tidak bisa mengajukan jenis pinjaman ini. Mengapa demikian, karena meminjamkan uang tanpa agunan berisiko besar. Maka dari itu, pihak bank hanya memilih seorang nasabah yang memiliki penghasilan tetap yang dirasa mampu memenuhi pembayaran cicilan pinjaman setiap bulannya.

Nah, setelah tahu apa itu KTA, sekarang akan dibahas apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum mengajukan KTA BNI. Persyaratan yang diminta pihak BNI tidaklah sulit untuk dipenuhi. Karena rata-rata dokumen dipersyaratkan sudah Anda miliki. Berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan KTA BNI:

1. WNI

2. Berdomisili di wilayah Indonesia

3. Usia minimum 21 tahun ketika mengajukan pinjaman dan maksimum 55 tahun ketika pinjaman dilunasi (Usia maksimum bisa dinaikkan apabila masa pensiun di perusahaan tempat pemohon bekerja memiliki batas maksimum pensiun yang lebih tinggi, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi/perusahaan terkait)

4. Berstatus karyawan tetap

5. Memiliki tabungan/giro BNI atau rekening payroll BNI

6. Minimum gaji Rp 3.000.000,- per bulan

7. Mempersiapkan dokumen berikut:

- fotokopi KTP, NPWP/SPT PPH 21, buku rekening 3 bulan terakhir

- formulir pengajuan KTA BNI

- pas foto 4x6

- slip gaji terakhir

- surat keterangan masa kerja

- surat pernyataan tidak akan memindahkan payroll selama masa pinjaman

Bunga Rendah dengan Tenor Fleksibel

Untuk masalah bunga yang dikenakan, Anda tidak perlu khawatir sebab BNI memberikan bunga cukup rendah dan menyesuaikan dengan jangka waktu pembayaran. Semakin panjang jangka waktu yang diambil, maka semakin tinggi pula bunganya. Namun, cicilannya akan semakin kecil. Bunga yang ditawarkan BNI mulai dari 0,59% per bulan hingga 12% per tahun.

Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp 5.000.000,- hingga Rp 500.000.000,-. Akan lebih baik jika memilih jumlah sesuai dengan keperluan dan penghasilan per bulan agar Anda tidak kesulitan dalam membayar cicilan. Untuk jangka waktu pembayaran juga sangat fleksibel, Anda bisa memilih tenor mulai dari 1 tahun hingga 15 tahun. Ingat, pilihan tenor mempengaruhi bunga pinjaman.

Lakukan Simulasi Pinjaman Sebelum Pengajuan KTA BNI Fleksi

Untuk memudahkan dalam pengajuan KTA BNI Fleksi, ada baiknya melakukan simulasi pinjaman terlebih dahulu. Hal ini akan memberikan Anda gambaran berapa besar cicilan yang harus dibayarkan tiap bulannya. Misalnya, Anda mengajukan pinjaman sebesar Rp 100.000.000,- dengan jangka waktu pembayaran 5 tahun (60 bulan), dan bunga yang ditetapkan adalah 9,36% per tahun.

Maka perhitungannya:

Cicilan pokok: jumlah pinjaman : waktu pinjaman = Rp 100.000.000 : 60 = Rp 1.666.666

Perhitungan bunga: jumlah pinjaman x bunga : 12 bulan = Rp 10.000.000 x 9,36% : 12 bulan = Rp 780.000,-

Jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulan: cicilan pokok + bunga = Rp 1.666.666,- + Rp 780.000,- = Rp 2.446.666,-.

Dengan melakukan perhitungan ini, Anda bisa meraba-raba perkiraan cicilan bulanan yang harus dibayarkan. Jika dirasa kurang sesuai dengan kemampuan, bisa mengambil jumlah pinjaman yang lebih kecil dan melakukan perhitungan ulang. Apabila Anda kesulitan melakukan perhitungan secara manual, ada banyak tools simulasi pinjaman yang bisa dipakai. Salah satu tools simulasi yang bisa gunakan ada di cekaja.com.

Pengajuan KTA BNI Fleksi Mudah dan Cepat Melalui Jalur Online

Pengajuan KTA BNI Fleksi melalui jalur online lebih cepat dibandingkan berkunjung langsung ke kantor cabang BNI terdekat. Apalagi jika Anda berada di wilayah yang jauh dari kantor BNI. Namun, pengajuan secara online hanya bisa dilakukan pemohon yang sudah memiliki rekening tabungan di BNI saja. Caranya sebagai berikut:

1. Isi formulir pinjaman BNI online dengan lengkap.

2. Submit formulir aplikasi KTA BNI online.

3. Tunggu proses persetujuan selama 3-7 hari kerja.

4. Jika pinjaman disetujui, Anda akan dihubungi pihak bank.

5. Penandatanganan kontrak kredit.

6. Proses pencairan melalui rekening tabungan BNI.

Salah satu situs di mana Anda bisa mengajukan KTA BNI adalah cekaja.com, silakan kunjungi laman cekaja.com di link berikut: https://www.cekaja.com/banks/bni/pinjaman/kta-bni. Bukan hanya menyediakan formulir pengajuan KTA BNI Fleksi, cekaja.com juga memberi bermacam informasi berguna bagi Anda tentang beragam jenis KTA maupun pinjaman lain dari beragam bank nasional. 

You May Also Like

1 comments

Komentar di blog ini akan dimoderasi agar penulis dapat notifikasi komentar terbaru.