Tahun akan Berlalu, tapi Korona Masih di Sini

Kita tahu bersama kalau 2020 akan menjadi tahun yang akan diingat oleh semua orang. Tahun ini virus korona datang dan membuat kita hidup di tengah pandemi. Ini adalah pengalaman baru bagi kita semua (kecuali mereka yang pernah juga mengalami pandemi Flu Spanyol). Dari sini, kita belajar banyaak seperti cara hidup, cara kerja, cara sekolah, cara mengelola stres yang berkepanjangan, dan cara beradaptasi.

Photo by Kevin Grieve on Unsplash

Secara personal, Covid-19 berdampak pada kehidupan saya. Di awal tahun ini, saya mulai kerja kantoran lagi setelah dua tahunan bekerja paruh waktu. Hanya tiga bulan ngantor, pandemi datang dan membuat saya work from home sampai sekarang. Di satu sisi, saya bisa dekat dengan anak. Di sisi lain, tentu ada potongan tunjangan dari penghasilan yang lumayan signifikan dan benefit lain yang hilang.

Baca juga: Begini Cara Kami Bekerja Lancar Saat WFH

Sejujurnya, dampak negatif dari korona terhadap penghasilan ini lumayan bikin bete. Rencana kerja jadi lumayan berantakan. Selain itu, kadang sedih juga lihat teman-teman seru-seruan di kantor, sementara di sini tetap pusing sama kerjaan dan enggak bisa refreshing. Kangen juga sama temen-temen lain di luar kantor yang ada di Jakarta. Rasanya pengin hangout dan curhat gitu.

Setelah dipikir-pikir lagi, saya cukup beruntung masih punya pekerjaan, sementara banyak sekali orang yang di-PHK akibat pandemi ini. Selain itu, kalau saya balik ke Jakarta, itu sangat berisiko. Selain tidak akan bisa sering-sering pulang ketemu anak, pasti kalau pulang akan terasa tidak tenang karena takut menularkan. Belum kalau ada yang positif di rumah karena ketular di tempat lain, saya bisa jadi tuduhan utama. Selain itu, kalau saya mudik dari Bandung ke Jakarta, pasti harus rapid test dulu. Wah, ribet deh.

Baca juga: My Thoughts on Coronavirus

Memang kita tidak bisa memenangkan semuanya. Situasi yang ideal banget-banget itu enggak ada. Jadi, mau enggak mau harus kompromi dengan keadaan. Toh pandemi ini hanya sementara, mudah-mudahan. Toh kantor juga allow kalau saya mau balik work from office sewaktu-waktu. 

Di akhir tahun ini, ada berita bagus yaitu vaksin mulai datang ke Indonesia. Meski terbatas, mari kita berdoa bersama-sama agar negara ini cepat mendatangkan vaksin baru agar semua orang dapat.

Biarlah tulisan ini menjadi kenang-kenangan pribadi agar tidak lupa dari ingatan, dan karena mungkin pandemi ini tidak akan terjadi lagi di seumur hidup kita.

Comments

Popular posts from this blog

Review Clodi Ecobum, Cluebebe, Babyland, dan Little Hippo. Mana yang Terbaik?

Wajib Dicatat! Ini Cara Menghemat Kuota Telkomsel yang Efektif

Cara Hemat Listrik 900 Watt yang Cermat agar Pengeluaran Tetap Terkontrol