Niacinamide, Sahabat Kulit Berjerawat

Banyak skincare specialist yang menyarankan untuk menggunakan niacinamide untuk kulit berjerawat. Memangnya apa sih manfaat niacinamide untuk wajah? Katanya sih kandungan ini bisa melembapkan wajah, mengatasi peradangan, mengobati jerawat, hingga mengatasi noda hitam bekas jerawat. 

Kiri: November 2020, Kanan: Desember 2020. Noda hitam di pipi memudar.

Nah, saya pernah coba kandungan niacinamide tanpa disengaja, yaitu beli serum wajah Brassica dari The Bath Box. Saat beli pertama kali, saya enggak tahu kalau ada niacinamide di dalamnya. Pas dipakai beberapa minggu, eh bekas noda hitam di pipi jadi berkurang dan wajah terasa mulus. Suami juga bilang muka jadi cerahan. Lalu jadi sadar ternyata Brassica adalah serum niacinamide lokal yang bagus.

Meski bagus, saya "nakal" coba-coba merek skincare lokal lain, seperti Elsheskin, Kleveru, dan Avoskin. Ternyata, tidak ada yang dampaknya signifikan seperti si Brassica ini. Malah face oil Kleveru pernah bikin muka saya jerawatan lama. Huhu. Saya memutuskan untuk balik lagi pakai Brassica dan... yap, seperti yang sudah diduga, kondisi kulit wajah juga jadi lebih baik.

Urutan skincare untuk kulit berjerawat

Nah, saat ini saya punya skin regime yang lagi cocok buat kulit saya. Begini tahapannya:

1. Membersihkan muka dengan cleansing oil, mereknya Hada Labo atau Biore. Cleasing oil ini berguna untuk menghilangkan lapisan film dari sunscreen pada wajah. Karena kedua merek tersebut harganya sangat terjangkau, jadi ada kekurangannya yaitu kurang emulsi. Kalau kamu suka riasan tebal, kayaknya bakal kurang maksimal bersihinnya. Tapi kalau hanya pakai sunscreen seperti saya, ini cukup kok.

2. Mencuci muka menggunakan face wash Goats Don't Lie Tea Tree dari The Bath Box. Sebenarnya ini adalah sabun mandi untuk mencegah jerawat di punggung, tapi bisa dipakai di wajah. Ini disaranin sama mbak admin Instagram The Bath Box, katanya cocok untuk kulit acne prone seperti saya. Rasanya lumayan kesat setelahnya, baunya mirip jamu, dan lumayan perih kena mata. Tapi kalau dilihat kandungannya, banyak kandungan minyak yang baik untuk kulit, misal Olive Oil, Coconut Oil, Castor Oil, Glycerin, Shea Butter, Tea Tree Oil, Jojoba Oil, Citric Acid.

3. Menggunakan toner Galactomyces dari The Bath Box. Galactomyces merupakan hasil fermentasi ubi, kentang, dan beras. Manfaatnya bisa untuk melembapkan, mengurangi minyak, mencerahkan, dan bikin kulit lebih elastis. Saya suka pakai ini sebelum menggunakan serum karena kulit yang lembap bikin serum cepat meresap.

4. Pakai serum Brassica dari The Bath Box. Ini udah tahu lah ya, bikin auto mulus!

5. Pakai face oil Bakuchiol + Grapeseed Oil dari Bloomka, masih sister company The Bath Box. Produk ini bisa mencegah munculnya jerawat dan dianggap sebagai natural retinol. Jadi, katanya, kalau kulit kamu sensitif sama retinol, bisa coba ini. Terus, retinol dilapis niacinamide itu boleh bangett.

6. Semua skincare tersebut "dikunci" dengan menggunakan moisturizer dari Cerave. Saya suka pelembap ini karena tidak greasy di kulit, mudah menyerap, cukup melembapkan, dan tidak ada wangi.

7. Jangan lupa pakai sunscreen supaya semua kandungan produk di atas tidak sia-sia. Saya pakai Skin Aqua yang seperti teksturnya cair, jadinya mudah menyerap di wajah dan enggak bikin berminyak. 

Sebenarnya enggak perlu pakai produk skincare banyak-banyak kayak di atas kok. Kebetulan saya memang suka sama skincare, jadi doyan memanjakan diri dengan rutinitas tersebut. Kalau kamu ingin praktis, yang pasti harus ada pembersih wajah, pelembap, dan sunscreen. Wis, cuman tiga tok.

Lalu gimana dampaknya pada kulit saya? Bisa dilihat di foto atas, noda hitamnya memudar dan jerawatnya lebih kecil dan frekuensi munculnya lebih sedikit. Meski enggak bisa hilang 100 persen karena saya punya jerawat hormon. Jadi, kudu pakai obat dalam juga. Nevertheless, dua hari lalu, si suami bilang kalau muka saya bersihan dan cerahan.

Niacinamide bakal terus saya pakai sih untuk menghilangkan bekas jerawat. Kalau kamu punya permasalahan yang sama seperti saya, mungkin bisa coba pakai niacinamide. :)

Comments

Popular posts from this blog

Review Clodi Ecobum, Cluebebe, Babyland, dan Little Hippo. Mana yang Terbaik?

Wajib Dicatat! Ini Cara Menghemat Kuota Telkomsel yang Efektif

Cara Hemat Listrik 900 Watt yang Cermat agar Pengeluaran Tetap Terkontrol