Emosi yang Masuk Akal di Layangan Putus

Semenjak punya akun TikTok, saya jadi bisa lihat hal-hal yang viral dengan cepat. Salah satunya, cuplikan adegan Layangan Putus yang iklannya selalu muncul di platfrom itu. Belum lagi kesalahan grammar yang diucapkan tokoh perempuan yang kemudian meme-nya ada di mana-mana. Karena penasaran, saya dan suami memutuskan untuk nonton.


Menonton film Indonesia bareng suami itu seru. Kami seringkali komentarin film-film Indonesia, terutama akting yang buruk atau cerita yang tidak masuk akal. Begitu pun saat awal-awal nonton Layangan Putus, kami banyak sekali berkomentar mengenai adegan romantis yang cringe, banyak adegan ciuman yang bikin kami bosan, adegan obrolan antarteman yang dibuat seru dan lucu tapi nyatanya tidak, hingga selera humor teman Aris yang garing.

Namun, lama-kelamaan, kami jadi ikut larut dalam ceritanya. Ikut kesal ketika Aris sembunyi-sembunyi selingkuh dari Kinan, istrinya. Ikut kesal ketika Aris tidak mengakui kesalahannya meski Kinan sudah tahu dia berselingkuh dan kasih lihat buktinya, bahkan Kinan dituduh gila. Dan ikut sedih ketika Kinan kehilangan bayinya. Lalu kami sadar bahwa ada beberapa adegan yang mungkin terlihat lebay, tapi sangat bisa terjadi di kehidupan nyata, malah sangat natural. 

1. Miranda pakai satu anting

Miranda adalah teman bisnisnya Aris yang diduga jadi pelakor. Suatu saat, Kinan curiga dengan ditemukannya satu anting warna biru di jasnya Aris. Besoknya, Kinan melihat Miranda memakai anting biru yang mirip dengan yang ia temukan, sehingga semakin menguatkan dugaan Kinan.

"Enggak masuk akal, masa orang pakai satu anting," kata suami saya.

Kemudian saya baru teringat bahwa satu sehari sebelumnya, saya pakai satu anting sepulang dari travel. Saya bercerita kalau anting saya jatuh di mobil travel karena kepala bersandar pada bangku. Kemungkinan antingnya nyangkut di bangku. "Jadi, orang pakai satu anting itu mungkin banget kok," kata saya.

2. Konflik saat Kinan konfrontasi Aris dengan bukti perselingkuhan

Ada satu adegan saat Kinan memberikan daftar penumpang pesawat yang menunjukkan bahwa Aris pergi ke Turki bersama pelakornya, Lidya. Di situ, meski bukti terpampang nyata, Aris masih mencoba mengarang cerita bahwa ia sedang ada proyek kerjaan rahasia yang tidak boleh diketahui oleh siapa pun. Sejujurnya, saya gemas sekali nonton adegan ini, terutama melihat orang yang salah tapi tidak mau disalahkan.

Mereka pun berantem besar. Menurut saya, adegan berantemnya sangat natural. Akting Putri Marino, aktris yang memerankan Kinan, sangat baik sekali. Ia bisa menunjukkan ekspresi orang yang muak tapi sudah tidak bisa berkata apa-apa lagi karena lawannya tidak mau mengaku. Gestur tangannya juga menunjukkan rasa 'cukup'. Bahkan, Kinan sempat menarik kerah baju Aris.

Saya dan suami pernah berantem sampai rasanya ingin mukul. Haha. Sumpah, saya jadi relate dengan akting Putri saat itu. Saat kita sedang berada puncak konflik dan tidak ada jalan keluar, rasanya ingin kita tabok lawan kita agar mereka sadar dengan kesalahannya. Semacam, "Hey! Wake up!!"

3. Duka tidak bisa diburu-buru

Maaf ini spoiler, tapi karena sinetronnya sudah lama tayang, jadi saya bahas juga deh ya. Jadi, bayi yang dikandung Kinan itu meninggal karena harus dikeluarkan di usia 7 bulan. Di situ, Kinan berduka. Kami melihat kalau akting Putri ini bagus sekali saat ia menunjukkan duka. Filmnya juga memperlihakan detail barang-barang bayi yang seharusnya dipakai oleh pemiliknya.

Semenjak anaknya meninggal, Kinan jadi menarik diri dari Aris dan sekitarnya. Karena Aris ingin buru-buru baikan, ia memaksa Kinan untuk selesai untuk berduka. Pada saat itu, Kinan menunjukkan bahwa ia ingin menghayati duka tanpa diburu-buru.

Menurut saya ini poin yang penting. Seringkali saat kita berduka ditinggal orang meninggal, kita disuruh tabah, menerima, ikhlas, atau bahkan tidak boleh nangis karena dianggap arwahnya akan susah pergi. Kenapa kita harus menahan duka kita sih? Bolehkah kita menangis dan move on kapan pun kita siap?

Saya jadi ingat seorang psikater di Twitter. Ia kehilangan anaknya bernama Hiro. Di acara tutup petinya, psikiater itu bilang begini, "Saya akan banyak menangis, tapi tolong jangan minta saya stop menangis." Menurut saya, itu bijak sekali, karena setiap orang punya waktu dan cara sendiri untuk mengelola emosinya. Jadi tidak perlu menahan diri ala 'yuk bisa yuk' padahal kita capek atau hati kita hancur berantakan.

4. "'Kan masih ada Raya"

Saat berduka, salah seorang teman Kinan berkata "'Kan masih ada Raya". Raya adalah karakter anak pertama Kinan dan Aris. Di situ, Kinan langsung bilang enough dan ia segera pergi meninggalkan temannya.

Menurut saya, komentar tersebut serta respons tokohnya sangat natural. Di kehidupan nyata, kita sering menemukan orang berkomentar seperti itu di situasi duka. Padahal, sosok anak yang meninggal tidak bisa diganti dengan anak lainnya. Komentar seperti itu sangat tidak menghargai individu yang berpulang. 

Dari seluruh film tersebut, saya mengapresiasi akting Putri Marino yang menurut saya oke banget sih. Ternyata dia pernah memenangkan Piala Citra. Selain itu, meski memang digarap ala sinetron, adegan-adegan yang saya sebutkan di atas membuat script Layangan Putus lebih baik dibandingkan sinetron pada umumnya. 

2 comments:

  1. Jujur aku ga nonton serial ini ,Krn memang tema selingkuh ga terlalu cocok Ama selera nonton ku mba. Tapiiii aku sampe tau detil ceritanya berkat suamiku yg nonton dari awal Ampe akhir 🤣🤣. Luar biasa dia memang, malah doyan nonton begini hahahaha. Jadi kadang dia cerita tuh adegan2 yg dia sebel juga, dan aku LBH suka gitu. Emosi gara2 serialnya jadi ga kebawa kalo suami yg ceritain 😅.

    Tapi dari tulisan ini, setuju sih yg bagian orang berduka. Ga seharusnya kita minta mereka utk stop. Hibur, peluk, tapi biarkan mereka berduka sampai merasa akhirnya cukup. Dan setuju utk yg kehilangan anak, tapi malah dibilang masih ada anak lain. Aku rasa yg ngomong gitu ga pernah tau rasanya kehilangan anak... :(

    ReplyDelete
  2. Lucu banget suaminya yang malah nonton dari awal sampai akhir 😂

    ReplyDelete

Komentar di blog ini akan dimoderasi agar penulis dapat notifikasi komentar terbaru.